melvee cake's

Rabu, 13 November 2013

Black Forest Cake Special untuk My Father

Ini pertama kali nya saya buat cake dengan resep asli (maksudnya bukan pakai tepung BF Instan)
karena sebelum-sebelumnya tiap buat BF saya selalu memakai tepung BF instant yang ada dipasaran. 

Seneng banget deh akhirnya bisa sukses buat BF ini jadi seperti ini... meski masih jauh dari sempurna
karena saya kesulitan dalam menghiasnya... karena gak biasa, ditambah untuk hiasannya saya whipped cream yang di kocok, teksture nya mudah meleleh jadi susah sekali, bentuk creamnya  tidak sesuai dengan yang saya inginkan :(... huhuhu over all pokonya seneng. Bapak ku yang di hadiahkan ini juga seneng banget... karena cake yang dbuat dari tangan anak2nya (aku bersama adik)

BF ini saya buat menggunakan Resep Milik Bu Fatmah Bahalwan NCC "makasih ya bu untuk resepnya... BIGHUG :* Kecup Ibu Guru :)





kalau mau coba ini saya copy kan lagi ya resepnya:

Black Forest Cake
by Fatmah Bahalwan

Bahan:

  • 8 butir telur

  • 60 gr coklat bubuk

  • 40 gr maizena

  • 100 gr terigu protein rendah/sedang

  • 1 sdm emulsifier
  • 
100 gr mentega, lelehkan

  • 200 gr gula pasir
  • 
1/4 sdt vanilla



Hiasan:
  • 
500 gr krim kocok

  • 100 gr Dark Cooking Chocolate
  • 
10 buah cherry merah

  • 1 kaleng cherry hitam, saring, pisahkan airnya



Cara membuat:
.    

  1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata. 
  2. Siapkan 3 buah loyang ukuran 22x22x4 cm, olesi margarine, alasi kertas roti, oles lagi dengan margarine.
.    
  3. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental (sampai membentuk jambul petruk).
.    
  4. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
.    
  5. Tuang ke dalam loyang, oven hingga matang (180 C, 20-25 menit). Angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan.
.    


Penyelesaian:

  1. Basahi satu lapis cake dengan air cherry hitam, oles dengan krim kocok, lalu atur belahan cherry hitam di atasnya. 
  2. Tumpuk diatasnya lapisan kedua. 
  3. Ulangi proses yang sama hingga lapisan teratas. Setiap lapisan jangan lupa dibasahi dengan air cherry hitam.
.    
  4. Rapikan, oles seluruh cake dengan krim kocok, hias dengan coklat serut atau coklat bentuk lain hingga tertutup semua. 
  5. Semprotkan krim kocok di atasnya, hias dengan cherry merah.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar